Minggu, 20 Maret 2011

AYAM PUN BISA TERTAWA

Ayam Ketawa 1

Kalau mendengarkan burung beo berbicara itu sudah biasa, tapi jika yang tertawa itu ayam mungkin akan tertasa aneh. Ayam yang berasal dari Sulawesi ini memang sungguh aneh dimana suara berkokoknya mirip dengan orang yang sedang tertawa. 

Asal mulanya ayam ini merupakan peliharaan para bangsawan bugis, jadi tidak sembarang orang bisa memilikinya. Ayam ini merupakan satwa endemik sulawesi yang digolongkan kedalam satwa langka dan terancam punah sehingga di Sulawesi Selatan terutama banyak digelar kontes ayam ketawa, tujuannya untuk menarik masyarakat umum untuk membudidayakan ayam ini agar tidak terancam punah kan sayang jika ayam ini punah dan menjadi cerita saja bagi generasi selanjutnya. Konon apabila seseorang memelihara ayam ini akan mendatangkan berkah bagi pemiliknya seperti ikan koi dan arwana yang sudah banyak di budidayakan.
Ayam Ketawa 2

Jika anda ingin memelihara ini sangatlah mudah karena seperti ayam-ayam biasanya cukup diberi makan jagung, beras, pur, dan vitamin agar terhindar dari penyakit ayam. Untuk membeli bibit ayam ini memang cukup merogoh kocek cukup dalam, usia 10-15 hari berkisar antara 500-700 ribu rupiah sedangkan untuk yang dewasa bisa anda jual dengan harga 3-16 juta bahkan lebih. Nah apakah anda tertarik untuk membudidayakannya... (reza)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar