Selasa, 05 April 2011

10 MAKANAN YANG DAPAT MENYEBABKAN PENYAKIT

Bahaya Racun

Banyak sekali kejadian keracunan yang disebabkan oleh makanan yang salah, dampak dari keracunan tersebut bisa menyebabkan masuk rumah sakit bahkan hal terburuk adalah kematian jika tidak ditolong. Jika anda ingin mengetahui makanan apa saja yang dapat menyebabkan penyakit/keracunan. Berikut 10 daftar makanan yang bisa menyebabkan penyakit:


1. Daun-daunan hijau
Makanan hijau-hijauan dapat terkontaminasi oleh pupuk, bilasan air kotor, atau tangan yang tidak bersih bahkan sebelum Anda membelinya. Untuk menghindari penyakit, cuci produk tersebut dan cegah kontaminasi silang (penanganan daging yang tidak tepat di dapur dapat menyebarkan bakteri terhadap jenis makanan lainnya, termasuk sayur-sayuran hijau). Cucilah tangan dan gunakan papan pemotong terpisah.

2. Telor
Sarapan favorit ini telah dikaitkan dengan 352 wabah sejak tahun 1990, paling sering disebabkan oleh bakteri Salmonella. Bakteri itu dapat mengintai di dalam telur, memasak dengan tepat adalah kuncinya. Hindari makan setiap produk yang mengandung telur mentah, termasuk adonan kue. "Makanan mentah seperti telur mungkin memiliki kontaminasi dan harus ditangani dengan benar." kata Dr Craig Hedberg, dari University of Minnesota School of Public Health di Minneapolis.

3. Ikan Tuna
Jenis ikan ini dapat terkontaminasi oleh scombrotoxin, yang menyebabkan flushing, sakit kepala, dan kram. Jika disimpan di atas 60 derajat setelah ditangkap, ikan segar dapat melepaskan toksin, yang tidak dapat dihancurkan dengan memasaknya (dan tidak berhubungan dengan pencemaran merkuri atau masalah lain yang berkaitan dengan tuna dan ikan lainnya).

Tuna telah dikaitkan dengan 268 wabah keracunan scombroid sejak tahun 1990. "Anda hanya tidak bisa masak semua hal yang salah dengan pasokan pangan sekarang," kata CSPI Klein.

4. Tiram
Jika disajikan mentah atau kurang matang, tiram dapat mengandung kuman - sebagian besar merupakan norovirus dan bakteri yang dikenal sebagai Vibrio vulnificus - yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.

5. Kentang
Kentang yang dimasak dengan benar tidak mungkin menyebabkan penyakit. Tapi hati-hati untuk salad kentang. kontaminasi silang - transfer kuman dari satu jenis makanan, biasanya daging kepada yang lainnya dapat menjadi sumber masalah. Kentang wabah penyakit yang dikaitkan dengan kuman seperti Listeria (yang dapat hidup di counter deli), Shigella, E. coli, dan Salmonella.

6. Keju
Keju dapat terkontaminasi dengan bakteri seperti Salmonella atau Listeria, yang dapat menyebabkan keguguran. (Itu sebabnya dokter memperingatkan wanita hamil untuk menghindari keju lunak, seperti feta, keju biru gaya Brie, Camembert,-urat, dan Meksiko.)

7. Es krim
Es krim telah dikaitkan dengan 75 wabah yang disebabkan oleh bakteri seperti Salmonella dan Staphylococcus sejak tahun 1990, sesuai dengan CSPI.

Wabah terbesar terjadi pada tahun 1994, ketika sebuah es krim pasteurisasi diangkut dalam truk yang terkontaminasi Salmonella dan kemudian digunakan untuk membuat es krim tanpa re-pasteurisasi.

"Orang-orang membuat es krim di rumah dan menggunakan telur mentah," jelas Hedberg.

8. Tomat
"Selada atau tomat mungkin terkontaminasi, tapi begitu mereka masuk ke rumah tangga, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak mengizinkan bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak," kata Hedberg.

Untuk melakukannya: cuci tangan selama 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan sesudah menyiapkan produk segar, buah-buahan dan sayuran cuci di bawah air mengalir sebelum memakan, pemotongan, atau memasak, bahkan jika Anda berencana untuk mengupas sebelum makan, dan menjaga buah-buahan dan sayuran yang akan dimakan mentah terpisah dari makanan lain.

9. Kecambah/Toge
Mereka juga dapat rentan terhadap kontaminasi bakteri. Bibit yang digunakan untuk menghasilkan kecambah dapat terkontaminasi di lapangan, dan air dan kondisi pertumbuhan yang mendorong perkecambahan juga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

FDA dan CDC merekomendasikan bahwa orang tua, anak-anak muda, dan mereka dengan sistem kekebalan tubuh lemah menghindari makan kecambah mentah.

10. Berries
Sumber umum keracunan makanan lainnya adalah berry, termasuk stroberi, raspberry, dan blackberry. Kasus yang pernah terjadi dengan raspberry yang diimpor dari Chili dan Guatemala - telah disebabkan oleh kuman yang disebut Cyclospora, yang menyebabkan diare berat, dehidrasi, dan kram.

Sumber: liputan6.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar